Pages

Subscribe:

Labels

Selasa, 08 Mei 2012

Fungsi Biofilter

 


       Pada prinsipnya, kehadiran tanaman menjadi bagian dari keseimbangan ekosistem di dalam air. Secara sederhana hubungan keduanya dijelaskan sebagai berikut. Ikan membutuhkan oksigen untuk pernafasannya dan mengeluarkan karbon dioksida sebagai buangannya. Sebaliknya, tanaman menyerap karbon dioksida tersebut sebagai bahan baku selama proses fotosintesis, untuk diubah menjadi makanan saat membangun tubuhnya. Hubungan yang saling menguntungkan tersebut berjalan secara natural di alam. Keuntungan lainnya, tanaman berfungsi sebagai biofilter yang menyerap kotoran dan urin ikan, yang lambat laun bisa menjadi racun untuk pertumbuhan ikan itu sendiri.

       Lingkungan tumbuh dalam air diupayakan mendekati kebutuhan tanaman. Kebutuhan cahaya misalnya, diperoleh melalui sorotan lampu yang kualitasnya menyerupai cahaya natural. Untuk aquascape sebaiknya digunakan lampu fluorescent yang berbentuk tabung, yang memiliki beberapa keunggulan seperti hemat energi dan cahaya yang dihasilkan merata, tetapi tidak menimbulkan panas. Kelemahannya adalah intensitas terbatas, sehingga akan efektif bila ditempatkan pada ketinggian maksimum 60 cm dari permukaan air akuarium. Sebagai contoh Anda bisa membangun akuarium dengan ukuran 70 x 70 x 60 cm dengan menggunakan pencahayaan berkekuatan 7000 Kelvin dan kapasitas 150 watt yang dinyalakan selama 8 jam sehari.
       Suhu di dalam air dijaga agar tidak melebihi 26° C, karena jika lebih dari itu dapat menyebabkan tanaman tidak sehat pertumbuhannya, bahkan lambat laun menjadi mati. Untuk menjaga temperatur air, perlu digunakan alat tambahan yaitu chiller controlled yang berfungsi sama dengan penyejuk ruangan, dengan sistem portable yang dihubungkan dengan air melalui pipa instalasi.
       Kadar karbondioksida dalam air dijaga dalam kondisi seimbang, supaya proses kehidupan dalam air berjalan normal. Untuk mengontrol kadarnya, digunakan indikator CO2 yang diletakkan di dalam air. Perubahan warna pada indikator menunjukkan kandungan CO2 dalam air yang mungkin kadarnya cukup, lebih atau kurang.

0 komentar:

Posting Komentar